Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada Kantor Camat Palibelo Kabupaten Bima

  • Vivi Sumanti1 STIE Bima
  • Firmansyah STIE Bima
Keywords: Lingkungan Kerja Non Fisik, Disiplin Kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja non fisik dan disiplin kerja terhadap  kepuasan kerja pegawai pada Kantor Camat Palibelo Kabupaten Bima. Jenis  penelitian  yang  ditetapkan  adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif  Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan 35 responden pada Kantor Camat Palibelo Kabupaten Bima. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh (total population). Teknik Pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda. Koefisien korelasi, Uji signifikansi menggunakan uji T dan uji F dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel lingkungan kerja non fisik memiliki pengaruh yang signifikan dan menunjukkan hasil positif terhadap kepuasan kerja pgawai. Variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Hasil pengujian dan analisisnya menunjukkan bahwa F hitung > F tabel atau 6,781>3,27 dan nilai signifikasi < 0,05 atau 0,004 < 0,05 maka terdapat pengaruh lingkungan kerja non fisik dan disiplin kerja secara simultan sangat signifikan terhadap kepuasan kerja pegawai. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0.546 atau 54,6%, berarti sebesar 54,6 % kontribusi atau pengaruh variabel lingkungan kerja non fisik (X1) dan disiplin kerja (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel Kepuasan kerja (Y), sedangkan sisanya sebesar 45,4 % adalah pengaruh faktor lainnya yang tidak diteliti.

References

Arep, Ishak dan Hendri Tanjung. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Penerbit Universitas Trisakti:

Alex S, Nitisemito, 2013, Manajemen Personalia, JakartA : Ghalia Indonesia

Didit,Darmawan. 2013. Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Surabaya. PT. Temprina Media Grafika

Edy, Sutrisno, 2016, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hasibuan S.P Malayu. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Handayani, Lisna. 2013. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Pegawai Terhadap Disiplin Kerja Bidang Sekretariat Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (4), 1-11.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.

Mangkunegara A.A Anwar Prabu, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Ma'arif dan Kartika. 2012. Manajemen Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: PT. Penerbit IPB Press

Ni Nyoman Paramita Iswari Putri Pande. 2013. Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja Non Fisik, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai. Jurnal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (Unud), Bali, Indonesia.

Noor Rika Dinata Inbar, dkk, 2018. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Kerja Dan Semangat Kerja Pegawai (Studi Pada Pegawai PDAM Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 58 No. 2.

Notoatmodjo. 2012. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Rineka Cipta:

Nur Julian, Pamasang S. Siburian, dan Robiansyah. 2013. Pengaruh Hubungan Interpersonal dan Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kaltim. 1 (1)

Priansa, 2014. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung. Alfabeta.

Rivai, H. V., dan Sagala, E. J. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : dari Teori ke Praktik. Jakarta. Rajawali Pers.

Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.

Sedarmayanti. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Simamora, Henry, 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta

Suhandito, Tugas. 2013. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Pegawai Pada RSUD Dr. Mohammad Saleh Probolinggo. Skripsi : Universitas Jember.

Sutardji, Gatot dan Martono, Engelbertus. 2014. Ilmu dan Seni Kepemimpinan. Bandung: Pustaka Rineka Cipta.

Taiwo, A.S. 2010. The Influence of work environment on workers productivity: A case of selected oil and gas industry in Lagos, Nigeria. African Journal of Business Management, Vol. 4 (3).

Wursanto. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Personalia. Jakarta: Dian Pustaka.

Published
2021-07-25