PENGARUH KUALITAS LAYANAN BRIMO TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG MASAMBA
Abstract
Pemilihan variabel kualitas layanan BRImo pada penelitian ini dikarenakan kuualitas layanan BRImo merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam peningkatan kualitas layanan online, terutama saat ini layanan aplikasi BRImo mampu memengaruhi kepuasan nasabah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan BRImo terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menggunakan penelitian korelasional. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dimana kuesioner dibagikan kepada 100 responden. Hasil dari temuan penelitian ini menunjukkan hasil uji t bahwa kualitas layanan BRImo berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan nasabah
References
Abdullah, T., & Tantri, F. (2019). Manajemen Pemasaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Adinugroho, A. (2024). Manajemen Pemasaran Perbankan Digital. Padang: Penerbit Takaza Innovatix Labs
Akob, R. A., & Sukarno, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BUMN di Makassar. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 269–283. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i2.889
Anggraini, M. J., Sani, A., & Harahap, A. (2022). Pengaruh Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Binjai. EKSYA: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(2), 16-43.
Anwar, N., Simabur, S., & Rahmad. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Ekonomika Syariah: Journal of Economis Studies, 23-90.
Davis, F. D. dan Granić, A. (2024). The Technology Acceptance Model - 30 Years of TAM. Cham, Switzerland: Springer
Dziak, M. (2024). Technology Acceptance Model (TAM). Retrieved 1 Juni 2025, from EBSCOhost: https://www.ebsco.com/research-starters/technology/technology-acceptance-model-tam
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartono, J. (2024). Bisnis Digital E-Commerce dan E-Business - Pendekatan Model Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi
Hoyer, W. D., MacInnis, D. J. & Pieters, R. (2024). Consumer Behavior. Boston: Cengage
Huwaida, H., Imelda, S., Rofi’i., & Muhammad, S. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan M Banking Terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Banjarmasin. INTEKNA Jurnal Informasi Teknik dan Niaga, 24(1), 21–29.
Kotler, P., Armstrong, G., dan Balasubramanian, S. (2023). Principles of Marketing. United Kingdom: Pearson Education Limited.
Kotler, P., Keller, K. L., dan Chernev, A. (2022). Marketing Management. United Kingdom: Pearson Education Limited.
Liana, W., Putra, I. H., Kosadi, F & Adrian. (2024). Financial Technology (Fintech) (Pengantar dan Inovasi Teknologi Keuangan). Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Lupiyoadi, R. (2023). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mukhra, U. H., Makruf, J. J., Kesuma, T. M., Nizam, A., & Siregar, M. R. (2024). Mobile Banking dalam Persepsi Privasi Nasabah. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press
OJK. (2018). Otoritas Jasa Keuangan. Retrieved Februari 1 Juni 2025, from OJK Website: https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/417_Perbankan-4a%20mudah%20dan%20aman%20dengan%20internet%20banking%20dan%20mobile%20banking_2018_small.pdf
Parasuraman, A. P., Zeithaml, V. A. & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A Multiple- Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, 64(1): 12-40.
Pramitasari, T. D., Widaninggar, N., & Rachman, R. (2025). Masa Depan Perbankan: Transformasi Digital Menuju Bank 4.0. Yoygakarta: Penerbit Deepublish Digital
Priansa, D. J. & Wibowo, L. A. (2017). Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Putri, S. D. & Purnama, N. I. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dimediasi Oleh Kepuasan Nasabah Pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Medan Pulo Brayan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(3), 2154–2162. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i3.4993
Rahmi, P. P., Aryanti, A. N. & Aziz, D. A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BCA. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 3(3), 710-722. https://doi.org/10.47065/arbitrase.v3i3.660
Saputro, E. P., Nasir, M., Achyani, Fatchan., Arif, M., Setyaningrum, D. P. & Febriyanto, A. (2022). Digitalisasi Perbankan: Prospek, Tantangan & Kinerja. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. (2019). Consumer Behavior. New Jersey : Pearson Education
Shofiah, S., Fakhriza, M. A. K., & Prihartono, P. (2022). Pengaruh Kualitas Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BJB (Studi Pada Pengguna BJB Digi di Kota Bandung). Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(2), 1-13. https://doi.org/10.31955/mea.v6i2.1999
Soumokil, M. S., Numberi, A., & Heipon, W. F. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada PT Bank Pembangunan Daerah Papua, KCU Jayapura). Journal of Mandalika Literature, 5(3), 411-421. https://doi.org/10.36312/jml.v5i3.3518
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabet
Suliyanto. (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis & Disertasi. Yogyakarta: Penerbit Andi
Suryani, T. (2017). Manajemen Pemasaran Strategik Bank di Era Global - Menciptakan Nilai Ungguk untuk Kepuasan Nasabah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tenggono, Hardy., Pakiding, D. L., & Tahendrika, A. (2023). Pengaruh Kualitas Aplikasi Microsoft Teams terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Atma Jaya Makassar Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Terapan (JESIT), 4(1), 135-150. https://doi.org/10.47178/ghskw128
Tjiptono, F. 2019. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Triyanti, D., Kaban, R. F. & Iqbal, M. (2021). Peran Layanan Mobile Banking Dalam Meningkatkan Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Syariah. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 181-192. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.51-62
Wirtz, J. & Lovelock, C. (2022). Services Marketing - People Technology Strategy. Singapore: World Scientific Publishing Co. Inc.
Copyright (c) 2025 Alfandy Allorerung, Abner Tahendrika, Daniel Lallo Pakiding

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.