PENGARUH RELIGIUSITAS, KUALITAS PRODUK DAN HARGA PRODUK TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PRODUK KOSMETIK HALAL WARDAH DI KOTA BENGKULU

  • Septi Widiyanti Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Khairiah Elwardah
  • Debby Arisandi
Keywords: Religiusitas, Kualitas Produk, Harga Produk, Tingkat Penjualan

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh religiusitas, kualitas produk dan harga produk secara parsial dan simultan terhadap tingkat penjualan produk kosmetik halal wardah di Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna produk kosmetik wardah di Kota Bengkulu yang tidak diketahui jumlahnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan sebanyak 80 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji  t menunjukkan bahwa variabel religiusitas mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H1 diterima, hal ini berarti religiusitas berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan, variabel kualitas produk mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,091 > 0,05 maka H2 di tolak, hal ini berarti kualitas produk tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan dan variabel harga produk mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.242 > 0,05 maka H3 ditolak, hal ini berarti harga produk tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat penjualan. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan uji F variabel religiusitas, kualitas produk dan harga produk mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa variabel religiusitas, kualitas produk dan harga produk berpengaruh secara bersamaan terhadap tingkat penjualan. 

Kata Kunci: Religiusitas, Kualitas Produk, Harga Produk, Tingkat Penjualan

References

Abu Hassan Makmun, Desi Yuliana, Tio Devilishanti, & Jusnaini Hasni. (2023). Conceptualizing the Relationship between Islamic Religiosity and Islamic Work Ethics. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(02), 184–192.

Ahmad, T., & Pamadya, D. (n.d.). The Effect of Product Quality and Customer Relationship Management on Product Purchase Satisfaction at ACE Hardware Kediri Mall. 11.

AR, E., Ismandra, & Fitri Septia. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Volume Penjualan Pada Bakso Mulyono Palembang. Majalah Ilmiah Manjemen, 12(1), 8–14.

Arisandi, D., Shar, A., & Rizky Hariyadi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional, Biaya Dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Belanja Busana Secara Daring. Kompleksitas: Jurnal Ilmiah Manajemen, Organisasi Dan Bisnis, 10(2), 92–102.

Aritama, F. D., Ariwibowo, F., Purwantiningsih, D., Wahyana, M. A., Amri, S., & Wulandari, F. (2023). Religiosity Dan Personal Norm Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal: Mediasi Sikap Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(3), 4000–4010.

Chestia, V. A., & Syamsul Bachri. (2023). Pengaruh Pengetahuan Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas, 9(4), 263–271.

Djamaluddin Karim. (2014). Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 421–430.

Doloksaribu, S., & Wibowo., E. A. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Tingkat Penjualan Jig Di Pt. Mitra Global Bersama. Program Studi Manajemen Universitas Riau Kepulauan, 4, 1–18.

Elwardah, K., & Dkk. (2024). Pengaruh Sertifikasi Halal, Pemasaran Produk Halal, dan Kepuasan Konsumen terhadap Pertumbuhan Industri Halal di Indonesia. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(05), 658–669.

Geraldy Tambajong. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Prnjualan Sepeda Motor Yamaha di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3), 1291–1301.

Ghaliyan Ibnunas, B., Harjawati, T., Kunci, K., Pembelian, M., & Halal, P. (2021). Pengaruh Religiusitas Terhadap Minat Pembelian Produk Halal. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA), 1(2), 117–125.

Jamalia, B. (2023). Pengaruh Religiusitas , Harga dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Halal. Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 1–7.

Kosasih, I., Kosasih, E., & Farhan Zakariyya. (2022). Religiusitas dan Kesejahteraan Psikologis. Jurnal Psikologi Insight, 6(2), 127–134.

Lestari, R., & Tamah, M. (2022). Analysis of Determinants of Sales Level of MSME Creative Food and Beverage Industries in Pancoran District, South Jakarta during the COVID-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5, 19757–19765.

Made, N., & Dharmayanti, A. (2023). The Role of Emotional Responsed As Mediators Influence of Brand Image, Product Quality and Price on Products Repurchase Intention in Sabnishop, Palu City. JManagER Journal of Management, E-Business & Entrepreneurship Research, 03(01), 2023.

Marwan Setiawan, S. H. (2013). The impact of logistics performance on the sales level. International Conference on Information System For Business Competitiveness(ICISBC), 22(2), 1–2.

Masruroh, N., & Mahendra, M. K. E. (2022). The Relationship Of Religiosity, Producer’s Knowledge, and Understanding Of Halal Products to Halal Certification. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 6(2), 189–206.

Maulana, M. I. N. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Jurnal Manajemen Dan Start-UpBisnis, 5(6), 512–521.

Maulana, R. (2025). Pengaruh Persepsi Religiusitas Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah di Provinsi Aceh. 2(4), 192–200.

Mokalu, F. o., & Tumbal, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Distribusi Terhadap Volume Penjualan Roti Jordan CV. Minahasa Mantap Perkasa. 3(1), 254–265.

Musyawarah, I. Y. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim Pada Toko Rumah Jahit Akhwat (Rja) Di Kabupaten Mamuju. Journal of Economic, Management and Accounting, 1(1), 49–59.

Nika Ponika Purnama Dewi, Suadi Sapta Putra, K. D. (2023). The Influence Of Price Perceptions, Digital Promotions, And Service Quality On Sales Levels Of South Wheel Building Materials At Tokopedia. Journal of Management Research and Studies, 12(4), 266–282.

Nurlela, I. (2021). Pengaruh Penetapan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 179–184.

Rachmasari, M. (2019). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Volume Penjualan Karet PT. Perkebunan Nusantara IX Semarang. Agriecobis : Journal of Agricultural Socioeconomics and Business, 2(2), 87.

Rafiki, A., Hidayat, S. E., & Nasution, M. D. T. P. (2023). An extensive effect of religiosity on the purchasing decisions of halal products. PSU Research Review, 8(3), 898–919.

Raharto, E., Dienillah, I., Maghfirah Damayanti, N., & Masruroh, S. (2024). The Influence Analysis Of Halal Certificate, Halal Awarness, BrandImage And Religiosity On Decisions To Purchase Halal Product(Study On Students Pondok Pesantren Salafiyah Abu ZairiBondowoso). Lan Tabur: Jurnal Ekonomi Syari’ah, 5(2), 363–383.

Saragih, H. E. (2023). the Influence of Product Quality and Promotion on Purchase Decisions in Givethanks Printing in Medan. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 11(1), 190–199.

Satria Nurcahyo, & Ahmad Ali. (2023). Model peningkatan purchase intention berbasis credibility endorser, ewom, dan product quality melalui brand image. Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 35.

Sayyidah, A. F., Mardhotillah, R. N., Sabila, N. A., & Rejeki, S. (2022). Peran Religiusitas Islam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 13(2), 103–115.

Siregar, A. P., Nofirman, N., Yusuf, M., Jayanto, I., & Rahayu, S. (2022). The Influence of Taste and Price on Consumer Satisfaction. Quantitative Economics and Management Studies, 3(6), 998–1007.

Suardika, K., & Dewi, M. S. (2021). The Influence of Brand, Product Quality and Price on Sales Volume of Samana Mart Stores. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 256–261.

Suryati, L., & Lusiah. (2022). Distribution Channel and Prices as Critical Factors for Sales Volume Improvement. Journal of Accounting and Finance Management, 3(5), 217–223.

Yulistria, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Mitra Bangun Perwira. Swabumi, 11(1), 13–22.

Yusnita Siregar, Muhammad Isa, H. F. N. (2017). Pengaruh Brand Image Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Padangsidimpuan. At-Tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis Islam, 3(2), 207–237.

Published
2025-08-01