PENGARUH LIVE STREAMING DAN EVENT TANGGAL KEMBAR TERHADAP IMPULSIVE BUYING DITINJAU EKONOMI ISLAM
Abstract
Kemajuan teknologi telah mengubah perilaku konsumen dalam berbelanja, dari yang semula berfokus pada pemenuhan kebutuhan dasar menjadi pembelian yang didorong oleh keinginan yang memicu pada perilaku impulsive buying. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi apakah live streaming dan event tanggal kembar berpengaruh terhadap impulsive buying serta ditinjau dari perspektif ekonomi islam. Objek dari penelitian ini adalah pengguna Shopee pada generasi Z di Kota Bengkulu. Jenis penelitian adalah asosiatif menggunakan pendekatan kuantitatif. Melibatkan 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik porposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda menggunakan software Minitab versi 19. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh live streaming terhadap impulsive buying, kemudian event tanggal kembar juga memiliki pengaruh terhadap impulsive buying, serta secara bersama-sama live streaming dan event tanggal kembar berpengaruh terhadap impulsive buying. Dalam ekonomi islam perilaku konsumsen yang tidak terkontrol dapat bertentangan dengan prinsip–prinsip syariah seperti zuhud (kesederhanaan) dan penghindaran israf (berlebihan). Dimana islam dianjurkan untuk mempertimbangkan apakah hal tersebut menjadi kebutuhan atau hanya sekedar keinginan.
References
Alfiyansah, R., Faijurahman, A. N., & Ramdani, H. T. (2021). Live Streaming di Laboratorium Keperawatan sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Keterampilan Mahasiswa. Google Books.
Annur, C. M. (2022). E-Commerce Terpopuler di Kalangan Anak Muda, Siapa Juaranya?
Awwaliya Dhiyaus Syamsiyah, & Lia Nirawati. (2024). Pengaruh Live Streaming , Flash Sale , dan Cashback Terhadap Perilaku Impulse Buying pada Pengguna E-Commerce Shopee di Surabaya. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(5), 5024–5036.
Badan Pusat Statistik Kota Bengkulu. (2021). Persentase Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Mengakses Internet, 2021.
Daud, Q., & Simamora, V. (2022). Peran Trust Memoderasi Pengaruh Personal Selling Terhadap Minat Beli Terhadap Tas Bekas Bermerek Di Facebook Live Streaming. The Indonesian Journal of Public Administration (IJPA), 8(2), 115–129.
Eka Putri, N., & Ambardi. (2023). Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Dan Promo Tanggal Kembar Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pengguna Shopee Di Tangerang Selatan). Jurnal Bintang Manajemen (JUBIMA), 1(3), 282–294.
Hafizh Enriza, M., & Putra, A. S. (2024). Pengaruh Event Tanggal Kembar di Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Masyarakat. Jurnal Mirai Management, 9(1), 1046–1051.
Handayani, A., & Nurul Akbar, A. (2024). Eksplorasi Lonjakan Pesanan pada E-Commerce Saat Live Streaming ( Analisis Perilaku Konsumtif ) dalam Konteks Ekonomi Islam. Jurnal Karimah Tauhid, 3(4), 4227–4235.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2022). Memahami Impulsif Buying Dalam Proses Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Performa, 19(01), 31–55.
Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar Periklanan. Graha Ilmu.
Jr., J. F. H., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (7th ed.). Pearson Education Limited.
Langie, M. A., & Yuwono, S. E. (2023). Impulsive Buying Pada Mahasiswa Pengguna E-Commerce Shopee. Communnity Development Journal, 4(3), 6509–6513.
Maharani, T. R., Alif Dartanala, M., Maharani, A. D., & Aisatou Rajai Jallow, H. (2022). Keputusan Pembelian Pada Promo Tanggal Kembar Platform E-Commerce Shopee. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial, 01, 674–684.
Nurhaliza, P., & Kusumawardhani, A. (2023). Analisis Pengaruh Live Streaming Shopping, Price Discount, Dan Ease Of Payment Terhadp Impulsive Buying. Diponegoro Journal of Management, 12(3), 1.
Rahayu, N., Rakhmawati, D., & Gusti Agung Arista, I. (2024). Pengaruh Live Streamer Dan Promo Tanggal Kembar Terhadap Impulsive Buying (Studi Kasus Pengguna E- Commerce Shopee Di Kota Mataram). Jurnal Ganec Swara, 18(1), 263–268.
Rahmah, N., & Idris, M. (2018). Impulsive Buying Behaviour Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis Syariah, 1(2), 88–98.
Rini Wijaningsih, Evi Ekawati, & Adib Fachri. (2024). Peran Fear of Missing Out Memediasi Pengaruh Promo Event Tanggal Kembar E-Commerce Shopee Terhadap Impulsive Buying Tendency Pada Generasi Z Pengguna Shopee di Bandar Lampung. Gemilang: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(3), 58–72.
Rook, D. W., & Fisher, R. J. (1995). Normative Influences on Impulsive Buying Behavior. Journal of Consumer Research, 22(3), 305–313.
Sapa, F. Y., Tumbel, A. L., & Lumanauw, B. (2023). Pengaruh Live Streaming, Price Discount Dan Free Shipping Terhadap Impulse Buying: Study Empiric Pada Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi Yang Menggunakan Tiktok Shop. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(4), 787–798.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Consumer Behavior. Pearson Prentice Hall.
Septiana, I., & Widyastuti, W. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Product Quality, dan Hedonic Behavior pada Impulse Buying. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 698–707.
Septiyani, S., & Hadi, E. D. (2024). Pengaruh Flash Sale, Live Streaming Dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying (Study Pembelian Produk Berrybenka Pada Pengguna Aplikasi Shopee). Jesya, 7(1), 970–980.
Song, C., & Liu, Y.-L. (2021). The effect of live-streaming shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China. 23rd Biennial Conference of the International Telecommunications Society (ITS): “Digital Societies and Industrial Transformations: Policies, Markets, and Technologies in a Post-Covid World,” 1–18.
Suci, D. M., Akramiah, N., & Subagio, D. P. W. (2023). Peran Special Event Dan Penggunaan Paylater Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal EMA, 8(2), 190–201.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuaitatif dan R&D. Alfabeta.
Suhyar, S. V., & Pratminingsih, S. A. (2023). Skintific Skincare Products Pengaruh Live Streaming dan Trust terhadap Impulsive Buying dalam Pembelian Produk Skincare Skintific. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1427–1438.
Supriyaningsih, O., Kurniati, E., & Susi Adetya, P. (2024). Pengaruh Live Streaming Shopping dan Time Limit Terhadap Perilaku Impulsive Buying Pada Pembelian Online di Aplikasi Tiktokshop dalam Perspektif Bisnis Syariah ( Studi Pada Pengguna Tiktokshop di Kota Bandar Lampung ). Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, 2(3), 351–364.
Tawasuli, L., & Kholifah, K. (2023). Korelasi Special Event Day Tanggal Kembar Terhadap Minat Beli Masyarakat Di Shopee. Journal of Digital Business and Management, 2(2), 91–96.
Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Andi.
Tri Aura Damayanti, F., Anwar, H., & Nasrawaty, H. (2022). Pengaruh Motivasi Hedonis Terhadap Impulsive Buying Pada Festival Belanja Tanggal Kembar. Jurnal Ilmiah, 10(3), 2473–2484.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi (Operasional Bisnis Modern di Indonesia). Salemba Empat.
Yustati, H. (2015). Konsumsi dalam Perspektif Ekonomi Islam (Regresi Religiusitas terhadap Konsumerisme pada Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Jurnal Indo-Islamika, 2(2), 1537.
Copyright (c) 2025 Anisa Anggraini, Andang Sunarno, Herlina Yustati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.