PENGARUH HARGA JUAL DAN BIAYA PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT GUDANG GARAM TBK PERIODE TAHUN 2013-2022
Abstract
Tujuan utama perusahaan adalah mencapai laba yang optimal, yang dapat terwujud melalui peningkatan volume penjualan. Dalam mencapai tujuan tersebut, faktor penentuan harga jual dan biaya promosi memainkan peran yang sangat penting. Strategi penetapan harga yang tepat dapat mempengaruhi minat dan keputusan pembelian konsumen, sementara pengalokasian dana yang efektif untuk promosi dapat memperluas pangsa pasar dan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan PT Gudang Garam Tbk pada periode tahun 2013-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan PT Gudang Garam Tbk yang terdaftar di BEI dan pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial perputaran harga jual berpengaruh sebesar 4.653 signifikan sebesar 0.002 terhadap variabel volume penjualan. Dan berpengaruh sebesar
2.483 signifikan sebesar 0.042 antara biaya promosi terhadap volume penjualan. Secara simultan terdapat pengaruh sebesar 89.591 yang signifikan sebesar 0.000 antar harga jual dan biaya promosi terhadap volume penjualan.
References
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke
VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ika, Pipit. (2021). Strategi Gudang Garam Hadapi Kenaikan Cukai Rokok. Diakses pada 22 Mei 2023, dari https://www.liputan6.com/saham/read/5072276/strat egi-gudang-garam-hadapi-kenaikan-cukai-rokok
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2016). Dasar- Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke-9. Jakarta: Erlangga.
Mulyadi. (2015). Akuntansi Biaya Edisi ke-5. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Nagle, T. T., & Holden, R. K. (2018). The strategy and tactics of pricing: A guide to growing more profitably. Routledge.
Rudianto. (2013). Akuntasi Manajemen: Informasi Untuk Pengambilan Keputusan Manajemen. Jakarta: Grasindo.
Saprijal, M. (2014). Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan (studi pada s-mart swalayan pasir pengaraian). Cano Ekonomos, 3(1), 41-56.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Website : https://www.gudanggaramtbk.com/ (Diakses 26 Mei 2023)
Website : https://www.idx.co.id/id
Copyright (c) 2024 Poppy Nugraheny Kusumawati, Titi Aslah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.