PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi empiris pada Kantor Akuntan Publik di DKI Jakarta)

  • Maralus Samosir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Eduward Tony Sitorus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Ringkot P Nainggolan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Oktavia Marpaung Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
Keywords: Kompetensi, Independensi, Kualitas Audit

Abstract

Profesi Akuntan Publik (auditor) ibarat “pedang mata dua”, di satu sisi auditor harus memperhatikan kredibilitas dan etika profesi, namun di sisi lain juga harus menghadapi tekanan dari klien dalam berbagai pengambilan keputusan auditor. Jika auditor tidak mampu menolak tekanan dari klien seperti tekanan personal, emosional atau keuangan maka independensi dan kompetensi auditor telah berkurang dan bisa mempengaruhi kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membuktikan bukti empiris pengaruh kompetensi dan independensi yang diberikan oleh KAP terhadap kualitas audit. Sampel yang digunakan sebanyak 38 responden yaitu auditor yang terdapat pada 7 KAP di DKI Jakarta. Sedangkan untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan alat analisis regresi berganda, setelah sebelumnya dilakukan pengujian asumsi klasik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi dan independensi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit. Sehingga semakin luas kompetensi seorang auditor serta semakin dalam independensi dibidang auditing, maka akan semakin baik kualitas audit yang dilakukan.

References

Ikatan Akuntansi Indonesia.2011. Standar Profesi Akuntansi Publik. Jakarta : Salemba Empat.

Tunggal, amin widjaja. 2013, Dasar-dasar Fraud auditing, Jakarta: Harvarindo.

Tjun Tjun Law, Elyzabeth I. M., & Santy Setiawan. 2012. “Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit”. Jurnal Akuntansi vol 4 no.1 Mei 2012. Bandung: Program Studi Akuntansi, Universitas Kristen Maranata.

Agoes, Sukrisno. Ardana, Cenik. 2013, Etika Bisnis dan Profesi Tantangan Membangun manusia seutuhnya. Jakarta:Salemba Empat.

Suhayati, Ely, Siti Kurnia Rahayu.2010, AUDITING, Konsep Dasar dan Pedoman Pemeriksaan Akuntan Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Arens, Alvin.A., Randal.J. Elder, & Mark.S. Beasley, 2008, Auditing dan Jasa Assurance, Jakarta: Erlangga.

Arens, Alvin.A., Randal.J. Elder,Amira. A.J. & Mark.S. Beasley, 2011, Auditing dan Jasa Assurance, Jakarta: Penerbitan Salemba Empat.

Fitrawansyah. 2014, Fraud & Auditing. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Rai, I Gusti agung, 2010. Auditing kinerja pada sektor publik.salemba empat. Jakarta.

Wibowo. 2010, Manajemen Kinerja edisi ketiga,

Jakarta:Rajawali Pers. Mulyadi. 2010:73, Auditing

Published
2022-01-31