Faristurahman KUALITAS PELAYANAN PTSL PADA KANTOR PERTANAHAN / BADAN PERTANAHAN NASIONAL KABUPATEN MAGELANG

  • Isya Dharma Faristurahman Universitas Tidar
Keywords: Kualitas pelayanan, Dimensi Servqual, PTSL, Badan Pertanahan Nasional

Abstract

Sebelum adanya PTSL banyak masyarakat yang berpikiran jika mengurus sertifikat tanah membutuhkan waktu yang lama, banyak biaya yang harus dikeluarkan dan ketepatan waktu pengerjaan pegawai kantor yang terkadang molor dan tidak sesuai SOP apalagi juga harus menunggu antrian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Magelang dalam memberikan pelayanannya kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat di jelaskan bahwa Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Magelang sudah cukup baik dalam memberikan pelayanannya secara keseluruhan tetapi masih ada kendala di bagian internal yang perlu diperbaiki untuk kedepannya. Penulis menggunakan lima dimensi Servqual untuk mengetahui kualitas pelayanan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yaitu : tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy.

Published
2021-01-31