Pengaruh Kualitas Produk dan Pelayanan Prima terhadap Kepuasan Pelanggan : Studi Kasus Laboratorium Klinik Prodia Cabang kramat

  • Dwi Listyowati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Eva Fadilah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Rachmawaty Haroen STMIK JAYAKARTA
  • Johan Hursepuny Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
Keywords: Kualitas Produk, Pelayanan Prima, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan pelayanan prima terhadap kepuasan pelanggan di Laboratorium Klinik Prodia Cabang Kramat. penelitian ini dilakukan pada pelanggan yang akan melakukan tes pemeriksaan kesehatan pada cabang kramat. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Teknik Pengumpulan data penelitian menggunakan metode kuesioner. Selanjutnya, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling dengan jumlah responden seratus orang. Hasil pengujian dan analisisnya menunjukkan bahwa F hitung > F tabel atau 72,546 > 3,09 dan nilai signifikasi < 0,05 atau 0,00 < 0,05 maka terdapat pengaruh kualitas produk dan pelayanan prima secara simultan sangat signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi (KD) sebesar 0,599 atau 59,90 %, berarti sebesar 59,90 % kontribusi atau pengaruh variabel Kualitas Produk (X1) dan Pelayanan Prima (X2) secara simultan (bersama-sama) terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y), sedangkan sisanya sebesar 40,10 % adalah pengaruh faktor lainnya yang tidak diteliti. Saran untuk perusahaan kedepannya lebih meningkatkan Pelayanan Prima dari segi akses yaitu mengadakan pelatihan untuk customer service, memaksimalkan jadwal kerja shift sesuai trafic call, fasilitas kebutuhan customer service dengan teknologi terbaru, mengurangi waktu menunggu di setiap panggilan.

Published
2021-01-31