LITERASI KEUANGAN MEMODERASI HUBUNGAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN RISIKO QRIS TERHADAP KEUANGAN MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan dan risiko QRIS terhadap keuangan mahasiswa dengan literasi keuangan sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh semakin meningkatnya adopsi QRIS di kalangan mahasiswa yang disertai dengan kemudahan dalam bertransaksi namun juga memunculkan potensi risiko terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis di berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang yang pernah menggunakan QRIS. Teknik analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan QRIS berpengaruh positif terhadap keuangan mahasiswa, sedangkan risiko penggunaan QRIS menunjukkan pengaruh negatif. Literasi keuangan terbukti mampu memoderasi pengaruh kemudahan penggunaan QRIS maupun risiko QRIS terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan literasi keuangan sebagai strategi untuk mengoptimalkan manfaat teknologi pembayaran digital serta meminimalkan dampak negatifnya terhadap perilaku finansial mahasiswa
References
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.
Rahma, F. A., & Susanti, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self Efficacy dan Fintech Payment terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Eduktif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3236–3247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2690
Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.
Rahma, F. A., & Susanti, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self Efficacy dan Fintech Payment terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Eduktif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3236–3247.
Copyright (c) 2025 Cindy Nur Atni, C. Tri , Rita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.