LITERASI KEUANGAN MEMODERASI HUBUNGAN KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN RISIKO QRIS TERHADAP KEUANGAN MAHASISWA

  • Cindy Nur Atni Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
  • C. Tri Widiastuti Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
  • Rita Meiriyanti Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia Semarang
Keywords: QRIS, Kemudahan Pengguna, Resiko QRIS, Keuangan Mahasiswa, Literasi Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan dan risiko QRIS terhadap keuangan mahasiswa dengan literasi keuangan sebagai variabel moderasi. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh semakin meningkatnya adopsi QRIS di kalangan mahasiswa yang disertai dengan kemudahan dalam bertransaksi namun juga memunculkan potensi risiko terhadap pengelolaan keuangan pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 100 mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi dan Bisnis di berbagai perguruan tinggi di Kota Semarang yang pernah menggunakan QRIS. Teknik analisis data dilakukan dengan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan QRIS berpengaruh positif terhadap keuangan mahasiswa, sedangkan risiko penggunaan QRIS menunjukkan pengaruh negatif. Literasi keuangan terbukti mampu memoderasi pengaruh kemudahan penggunaan QRIS maupun risiko QRIS terhadap pengelolaan keuangan mahasiswa. Temuan ini menggarisbawahi pentingnya peningkatan literasi keuangan sebagai strategi untuk mengoptimalkan manfaat teknologi pembayaran digital serta meminimalkan dampak negatifnya terhadap perilaku finansial mahasiswa

References

Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.

Rahma, F. A., & Susanti, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self Efficacy dan Fintech Payment terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Eduktif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3236–3247. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2690

Ningsih, H. A., Sasmita, E. M., & Sari, B. (2021). Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Menggunakan Uang Elektronik ( QRIS ) Pada Mahasiswa. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), 1–9.

Rahma, F. A., & Susanti, S. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Self Efficacy dan Fintech Payment terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa. Eduktif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3236–3247.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2690

https://doi.org/10.35143/jakb.v18i1.6549

Published
2025-08-11