PENGARUH HARGA DAN KUALITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PAKAIAN BEKAS (THRIFTING) (Studi Pada Pasar Panorama Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam)

  • Wulandari Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Romi Adetio Setiawan Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Debby Arisandi Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: Price, Quality, Consumer Satisfaction

Abstract

Fenomena thrifting telah melonjak popularitasnya di Indonesia sejak tahun 2019, terutama di kalangan remaja, yang tertarik karena keunikan barang bekas tersebut. Studi ini berfokus pada analisis dampak harga dan kualitas terhadap kepuasan pelanggan dalam konteks pembelian pakaian bekas, serta meninjaunya dari sudut pandang ekonomi Islam. Riset ini melibatkan konsumen Gen Z (kelahiran 1998-2008) yang berbelanja di Pasar Panorama Bengkulu. Dengan metodologi kuantitatif deskriptif, 130 responden dipilih melalui teknik purposive sampling. Regresi Linier Berganda digunakan untuk menganalisis data menggunakan SPSS versi 25. Hasil studi menunjukkan bahwa harga secara signifikan meningkatkan kebahagiaan pelanggan (nilai Sig. = 0,034, kurang dari 0,05), menegaskan bahwa penetapan harga yang dianggap wajar berkorelasi dengan tingkat kepuasan pembeli. Dengan demikian, terdapat pengaruh positif yang kuat dari kualitas produk (nilai Sig. = 0,000, kurang dari 0,05), yang menunjukkan bahwa pengalaman pelanggan yang baik sangat dipengaruhi oleh pakaian bekas berkualitas tinggi. Lebih lanjut, secara simultan, harga dan kualitas terbukti memberikan kontribusi signifikan terhadap kepuasan pelanggan (nilai F Sig. = 0,000, kurang dari 0,05), menggaris bawahi pentingnya kedua faktor ini secara kolektif dalam membentuk kepuasan pembeli. Dari perspektif ekonomi Islam, praktik konsumsi ini selaras dengan prinsip keseimbangan antara pemenuhan kebutuhan dan keinginan, serta menghindarkan praktik pemborosan yang tidak dianjurkan.

References

Basu Swastha dan Hani Handoko. (2010). Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE.

Daga, R. (2019). The Influence Of Quality Product To Value Of Customer And Customer Satisfaction Recycle Product In Makassar. 75, 159–162.

Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra. (2011). Service Quality & Satisfaction. Alfabeta.

Fauzan, A., & Rohman, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 9(2), 104–113.

Guntur, E. M. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran Membangun Citra Negara. Sagung Seto.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset, 4(3), 415–424.

Hari, S., Prasetyo, D., Purnomo, E. C., Riyadi, A., Tinggi, S., & Sampit, I. E. (2023). The Influence Of Price And Trust On Consumer Satisfaction In Shopping Online Shop (Tokopedia) In Sampit under a Creative Commons Attribution-Non Commercial 4.0 International License (Cc By-Nc 4.0). Jurnal Ekonomi, 12(01).

Kencana, P. N. (2018). The Effect of Price and Product Quality on Customer Satisfaction. PINISI Discretion Review, 2(1), 53.

Kotler dan Amstrong. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Pearson Education,Inc.

Kotler dan Amstrong. (2019). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.

Kotler dan Armstrong. (2016). Manajemen Produk & Jasa. Pustaka Baru Press.

Ongkowijoyo, T. E. (2022). The Effect of Price and Product Quality on Consumer Satisfaction and Repurchase Interest at Cipork Keriyuk (Cab. G-Walk). International Journal of Review Management Business and Entrepreneurship (RMBE), 2(1), 11–23.

Salim, R. A., Prayoga, Y., & Al Ikhsan, M. A. (2023). the Influence of Price, Location, Service, and Product Quality on Customer Satisfaction. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 6(1), 2621–606.

Sholihuddin, M. A., Rivai, A., & Saragih, B. (2020). The Effect of Location and Price on Consumer Satisfaction through Buying Decisions on PT. Adhi Persada Property. East African Scholars Journal of Economics, Bussiness, and Management, 3(4), 302–311.

Siregar, A. P., Nofirman, N., Yusuf, M., Jayanto, I., & Rahayu, S. (2022). The Influence of Taste and Price on Consumer Satisfaction. Quantitative Economics and Management Studies, 3(6), 998–1007.

Sudaryono. (2014). Teori dan Aplikasinya pada Ekonomi. Rajawali Pers.

Syariful, M., & Untung, S. (2020). Effect of Service Quality and Product Quality on Customer. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 4(1), 204–211.

Tjiptono. (2013). Pemasaran Jasa dan Prinsip Penerapan Penelitian. Salemba Empat.

Tussifah, H., & Navitsha, N. P. (2021). The Effect of Product Quality and Service Quality on Consumer Satisfaction at Roya Cafe Mantingan. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(1), 69.

Zulian Yamit. (2010). Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Ekonisia.

Published
2025-08-15