PERAN GAYA KEPEMIMPINAN PARTISIPATIF DAN KETERLIBATAN KERJA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA SUMBER DAYA MANUSIA

  • La Jejen Politeknik Baubau
Keywords: Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Keterlibatan Kerja, Komitmen Normatif, Kinerja Sumber Daya Manusia

Abstract

Penelitian ini berjudul Peran Gaya Kepemimpinan Partisipatif dan Keterlibatan Kerja Terhadap Peningkatan Kinerja Sumber daya Manusia dalam lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini memiliki tujuan  untuk mendeskripsikan  dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja sumber daya manusia, pengaruh gaya kepemimpinan partisipatif terhadap komitmen normatif, pengaruh keterlibatan kerja terhadap kinerja sumber daya manusia, pengaruh keterlibatan kerja terhadap komitmen normatif dan pengaruh komitmen normatif terhadap kinerja SDM.

Penelitian ini menggunakan variabel gaya kepemimpinan partisipatif dan keterlibatan kerja sebagai variabel Independen, komitmen normatif sebagai Variabel intervening dan kinerja sumber daya manusia sebagai variabel dependen. Pengaruh antar variabel dianalisis dengan metode Explanatory Research dengan bantuan program aplikasi Smart PLS 2.0 M3. Obyek penelitian ini adalah Seluruh PNS di Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Buton, penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk memperoleh data, penyebarannya dilakukan dengan Total Sampling dengan teknik Sensus dari semua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berjumlah 49 orang, perolehan data ditabulasi menggunakan Microsoft Exel dan SPSS.

Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya pengaruh signifikan antara gaya kepemimpinan partisipatif terhadap kinerja sumber daya manusia.dan  gaya kepemimpinan partisipatif berpengaruh signifikan terhadap komitmen normatif. Pengaruh signifikan juga tampak pada korelasi antara keterlibatan kerja terhadap kinerja sumber daya manusia, keterlibatan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen normatif dan komitmen normatif berpengaruh signifikan terhadap kinerja sumber daya manusia.

 

Published
2020-07-31