PENGARUH SUKU BUNGA KREDIT TERHADAP PENINGKATAN NASABAH DI PT. BANK NEGARA INDONESIA CABANG GAMBIR
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh tingkat suku bunga kredit terhadap keputusan nasabah dalam mengambil kredit pada PT Bank Negara Indonesia Cabang Gambir. Subjek penelitian ini adalah nasabah kredit. Jenis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah nasabah kredit pada PT Bank Negara Indonesia Cabang Gambir. Objek penelitian ini adalah suku bunga kredit dan peningkatan nasabah dalam mengambil kredit. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel suku bunga kredit memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan nasabah PT Bank Negara Indonesia Cabang Gambir. Hasil perhitungan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 11,409 > 1,1786 dan nilai signifikan lebih besar dari 0,05 yaitu 0,00 < 0,05. Penurunan suku bunga kredit berpengaruh signifikan terhadap peningkatan nasabah untuk mengambil kredit di PT Bank Negara Indonesia Cabang Gambir. Dan nilai signifikansi perolelahan terhadap peningkatan nasabah sebesar 0,00 < 0,05 atau nilai f hitung 130,170 > 3,957. Jadi, penurunan suku bunga kredit berpengaruh terhadap peningkatan nasabah yang mengambil kredit di PT Bank Negara Indonesia Cabang Gambir
References
Abdul Wahab Muhbib dan Abdul Rahman Shaleh. 2018. Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam (V): Prenada Media.
Abdullah, T. dan F. T. 2020. Manajemen Pemasaran (III): Rajawali Pers.
Anwar, Haerul. 2021. PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) TERHADAP PENINGKATAN PROFITABILITAS PETERNAK SAPI PADA KELOMPOK TANI SIPATUO DI DESA BARU KECAMATAN GAMBIR TENGAH: Repository IAIM Gambir.
Bungin, M. B. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif (IX): Prenadamedia Group.
Darma, B. 2021. Statistika Penelitian menggunakan SPSS: Guepedia.
Ferdinand, A. 2018. Metodologi Penelitian Manajemen (I): Badan Penerbit Universitas.
Ghozaly, I. 2019. Aplikasi Analisis Multiyariate dengan SPSS (I): Badan Penerbit UNDIP.
Gregory, M. N. 2018. Teori Makro Ekonomi (III): Penerbit Erlangga.
Gultom, H. J., Sebayang, E. S., & Sinulingga, Y. B. B. 2021. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Debitur Dalam Memutuskan Pengambilan Keputusan Kredit Pada Pt. Bpr Duta Paramarta (Vol. 1, Issue 2, pp. 1–11).
Hasibuan. 2019. Dasar-dasar Perbankan (IX). Bumi Aksara Malayu S.P.
Husein, U. 2020. Management Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (I). PT Gramedia Pusaka.
Indra, dan I. 2019. Metodologi penelitian (I). Deepublish. Ismail. (2021). Manajemen Perbankan (3rd ed.). Prenadamedia Group.
Jahya, Y. 2019. Psikologi Perkembangan (V). Kencana Prenada Media Group.
Karmila. 2018. Kredit Bank (1st ed.). Yuni Astuti.
Kasmir. 2022. Kewirausahaan (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.
Kasmir. 2021. Dasar-dasar Perbankan (14th ed.). Rajawali Pers.
Kasmir. 2017. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya (18th ed.). Raja Grafindo Persada.
Kent, M. & M. M. 2021. Analisis Perilaku Nasabah dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rienika Cipta.
Kotler, P. 2018. Managemen Pemasaran (I). PT Indeks. Muslich Anshor, dan S. I. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif (I). Airlangga University Press.
Nurdin, I. dan S. H. 2019. Motodologi Penelitian Sosial (I). Media Sahabat Cendekia.
Prasetyo, B. dan L. M. J. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif (7th ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Prasetyo, C. A. 2021. Pengaruh Produk, Promosi dan suku bunga terhadap keputusan nasabah untuk mengambil kredit di PT bank Mandiri (pp. 33–39).
Sakaran, dan U. 2018. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis (V). Salemba Empat.
Sawaldjo, P. 2018. Keuangan Perbankan dan Pasar keuangan (II). Pustaka LP3ES Indonesia.
Schiffman, dan K. 2020. Perilaku Konsumen (7th ed.). Indeks.
Siyoto, S. dan A. S. 2019. Dasar Metodologi Penelitian (I). Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2019. Memahami Penelitian Kuantitatif (II). Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (III). Alfabeta.
Sukanto. 2018. Nafsiologi Suatu Pendekatan Alternatif atas Psikologi (1st ed.). Integrita Press.
Sunariyah. 2018. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal (I). Penerbit UPPSTM YKPN.
Suwarman, U. 2020. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran (V). PT Gramedia Utama.
Swastha, B. 2020. Pengantar Ilmu Manajemen. BPFE. Bank Negara Indonesia. (n.d.). www.banksulselbar.co.id
Copyright (c) 2024 Tiomas Pranto Purba, Diana Setiyo Dewi, Henry Waidan Frederick Palenewen
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.