PENGARUH INFLUENCER MARKETING DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP MINAT BELI PRODUK SKINCARE SKINTIFIC DI SHOPEE

  • Penny Universitas Universal
  • Kharisma Austin Makaba Universitas Universal
Keywords: Influencer Marketing, Online Customer Reviews, Minat Beli

Abstract

Dampak transformasi digital yang dirasakan saat ini menyebabkan adanya perubahan dalam pergeseran pola hidup khususnya di dalam kehidupan bisnis yang beralih menggunakan online. Melalui kehadiran bisnis secara online menyebabkan strategi pemasaran kepada calon konsumen dilakukan dengan metode yang berbeda pula dengan bisnis konvensional lainnya. Berdasarkan pemanfaatan strategi pemasaran di era digitalisasi saat ini, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari Influencer Marketing dan Online Customer Review terhadap Minat Beli pada produk Skintific dengan studi kasus pada mahasiswa Universitas Universal dengan metode pengambilan sampel Purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 90 responden. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data primer. Metode analisis data menggunakan Partial Least Square Path Modeling (PLS-PM) dengan pemanfaatan bahasa pemrograman R dalam Google Collaboratory. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Influencer Marketing dan Online Customer Review berpengaruh terhadap Minat Beli pada produk skincare Skintific di Shopee. 

References

Abdillah, W. dan Hartono, J. (2015). Partial Least Square (PLS)- Alternative Structural Equation Modelling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Jakarta:CV Andi Offset.

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243

Aliah, M. (2023). Perempuan Belanja Online dengan Shopee, Laki-laki dengan Tokopedia. Bukan Kebetulan Aja, Ada Alasan di Baliknya. Mojok.Co. https://mojok.co/terminal/belanja-online-berdasar-gender-shopee-dan-tokopedia-bersaing/

Amalia, K., & Nurlinda, R. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Produk Serum Somethinc. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2383–2398. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i11.353

Amruddin, Roni, P., Agustina, T. S., Ariantini, N. S., Rusmayani, N. G. A. L., Aslindar, D. A., Ningsih, K. P., Putranto, P., Yuniati, I., Untari, I., Mujiani, S., & Wicaksono, D. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF.

Andi, M. A. (2022). Guardian Hadirkan Display Khusus “Produk Trending” Kecantikan yang Viral di TikTok. Womenpedia.Id. https://womenpedia.id/guardian-hadirkan-display-khusus/

Annur, C. M. (2022). Survei: Konsumen Perempuan Paling Banyak Berburu Produk Kecantikan Saat Harbolnas. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/09/survei-konsumen-perempuan-paling-banyak-berburu-produk-kecantikan-saat-harbolnas

Binus. (2021a). MEMAHAMI VALIDITAS DISKRIMINAN (DISCRIMINANT VALIDITY) DALAM PENELITIAN ILMIAH – Accounting. Https://Accounting.Binus.Ac.Id/. MEMAHAMI VALIDITAS DISKRIMINAN (DISCRIMINANT VALIDITY) DALAM PENELITIAN ILMIAH – Accounting

Binus. (2021b). MEMAHAMI VALIDITAS KONVERGEN (CONVERGENT VALIDITY) DALAM PENELITIAN ILMIAH – Accounting. Https://Accounting.Binus.Ac.Id/. https://accounting.binus.ac.id/2021/08/12/memahami-validitas-konvergen-convergent-validity-dalam-penelitian-ilmiah/

Burgess, E. (2016). 11 Essesntial Stats for Influencer Marketing. Http://Www.Ion.Co/. http://www.ion.co/11-essential-stats-for-influencer-marketing-in-2016

Chinomona, R., Mahlangu, D., & Pooe, D. (2013). Brand service quality, satisfaction, trust and preference as predictors of consumer brand loyalty in the retailing industry. https://doi.org/https://doi.org/10.5901/mjss.2013.v4n14p181

Compas.co.id. (2022). Top 5 Brand Perawatan Wajah di E-commerce Indonesia dengan Penjualan di atas Rp 10 Miliar. Https://Compas.Co.Id/. https://compas.co.id/article/top-5-brand-perawatan-wajah/

Elwada,A., Lu, K., &Ali, M. (2016). Perceived derived atributes of online Customer review. Perceived Derived Atributes of Online Customer Review.

Firdaus, M., Aisyah, S., & Farida, E. (2023). Pengaruh customer review, customer rating, dan celebrity endorser terhadap minat beli melalui kepercayaan di online shop Shopee. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 4(1), 67–83. https://doi.org/10.37631/ebisma.v4i1.874

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (edisi 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Giles, D. C., & E. L. (2018). Instagram and the rise of the social media “influencer.”

Ginee.com. (2022). 5 Top Marketplace Indonesia Q1 2022 Sumber Peluang Bisnis! Https://Ginee.Com/Id. https://ginee.com/id/insights/top-marketplace/

GoSite team. (2022). 6 Undeniable Benefits of Online Reviews. Https://Www-Gosite-Com. https://www-gosite-com.translate.goog/blog/6-undeniable-benefits-of-online-reviews?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Jalanpencerah.com. (n.d.). Pemasaran Online Menurut Para Ahli. Jalanpencerah.Com. Retrieved December 1, 2023, from https://sisi.id/stories/insight/pentingnya-peran-influencer-dalam-aktivitas-pemasaran/l

Kotler,P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition: Vol. 17th Editi.

Kotler,P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles Of Marketing (8 th editi).

Kotler,P & Keller, K. (2016). Marketing Management: Vol. 15 th edit.

Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran terjemahan (Jilid 1 ed). Jakarta: Erlangga.

Kusuma, L. M., Wipudiari, M. B., Enshito, K. S. R., & Jahja, A. S. (2023). Pengaruh Influencer, User Generated Content, Brand Image Terhadap Purchase Intention Produk Skintific di Media Sosial TikTok. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi , 2(2), 17–27. https://jurnal.erapublikasi.id/index.php/JMAE/article/view/373

Latief, F., & A. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik di Sociolla. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai

Liang, H.L.,& Lin, P. I. (2018). Influence of multiple endorser-product patterns on purchase intention: An interpretation of elaboration likelihood model. journal of Sports Marketing and Sponshorship. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/IJSMS-03-2017-0022

Liu C, T. W. (2010). The Effects Of Service Quality And Lifestyle On Consumer Choice Of Channel Types: The Health Food Industry As An Example. African Journal Of Business Management Vol. 4(6), Pp. 1023-1039.

Macheka, T., Quaye, E. S., & Ligaraba, N. (2023). The effect of online customer reviews and celebrity endorsement on young female consumers’ purchase intentions. Young Consumers. https://doi.org/10.1108/YC-05-2023-1749

Makaba, K. A., Kadir, N., & Munir, A. R. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Merchandise Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan pada Departement Store. … Journal of Management & …, 4(2), 250–262. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i2.1122

Marketing, A. D. (2020). 10 Kategori Produk Terlaris Shopee - Asosiasi Digital Marketing. Https://Digimind.Id/. https://digimind.id/10-kategori-produk-terlaris-shopee/

Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.538

Pahlevi, R. (2021). Hanya 37% Laki-laki Indonesia yang Menggunakan Sabun Cuci Muka Setiap Hari. Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/28/hanya-37-laki-laki-indonesia-yang-menggunakan-sabun-cuci-muka-setiap-hari

R, Q. I., Farouk, U.-, & Nugroho, J.-. (2022). Influence of Influencer Marketing Strategy and Online Customer Reviews on Purchase Intention of Sociolla Customer (Case Study on AB Students at Polines 2018 – 2019). JOBS (Jurnal Of Business Studies), 8(2), 117. https://doi.org/10.32497/jobs.v8i2.4103

Redaksi, C. I. (2023). Warga RI Habiskan Rp 851 T Buat Belanja Online, Beli Apa Aja? Www.Cnbcindonesia.Com. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20230215145223-37-414052/warga-ri-habiskan-rp-851-t-buat-belanja-online-beli-apa-aja

Rinaja, A. F., Udayana, I. B. N., & Maharani, B. D. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Word of Mouth, and Price Consciousness Terhadap Minat Beli Di Shopee. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan Pelayanan Publik, 9(3), 435–448. https://doi.org/10.37606/publik.v9i3.345

Riyanto A. (2020). Hootsuite (We are Social) Indonesian Digital Report 2020. Https://Andi.Link/. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

Sekaran, U. & Bougie, R.J. (2016). Research Methods for Business: A skill Building Approach (7th Editio). John Wiley & Sons Inc. New York, US.

Septiani, L. (2023). Perbandingan Jenis Konsumen Shopee, Tokopedia, JD.ID hingga Lazada. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/64227f7341188/perbandingan-jenis-konsumen-shopee-tokopedia-jdid-hingga-lazada

Simamora. (2004). Pandudan riset perilaku konsumen (simamora (ed.)). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sisi.id. (2023). Pentingnya Peran Influencer dalam Aktivitas Pemasaran. Sisi.Id. https://sisi.id/stories/insight/pentingnya-peran-influencer-dalam-aktivitas-pemasaran/l

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sugiyono (ed.)). Bandung: Afabeta.

Uvers.ac.id. (2020). Profil-UNIVERSITAS UNIVERSAL. Universal. https://uvers.ac.id/profil/

Published
2024-07-30