ANALISIS PERUBAHAN PERILAKU KONSUMEN DITINJAU DARI FAKTOR PRIBADI DAN SOSIAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN POINT COFFEE
Abstract
Konsumen dalam memilih sebuah produk secara langsung atau tidak langsung mempertimbangkan beberapa faktor sesuai dengan perilaku dan keadaannya masing-masing. Hal tersebut juga sama berlaku bagi perusahaan yang menciptakan produknya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Maka penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi bagaimana Faktor Pribadi dan Faktor Sosial dapat berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk Point Coffee. Metode yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif di mana data yang diperoleh berupa angka. Analisis dilakukan menggunakan SEM – PLS melalui software SmartPLS 4,0 dengan data yang diambil melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah 100 sampel. Penelitian ini dalam pengolahan datanya melalui dua tahap: 1) Uji Instrumen menggunakan Uji Validitas dan Uji Reliabilitas. 2) Pengolahan data SEM-PLS berdasarkan output Outer Model (Model Pengukuran) dan Inner Model (Model Struktural). Penelitian menunjukan hasil bahwa Faktor Pribadi dan Faktor Sosial menghasilakan hubungan yang positif secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Point Coffee. Pada Faktor Pribadi artinya pengaruh seperti usia, pekerjaa, kondisi ekonomi dan gaya hidup memperngaruhi seseorang yang untuk memutuskan melakukan pembelian. Dan pada Faktor Sosial artinya, referensi, lingkungan dalam teman dan keluarga, lalu peran dan status sosial memiliki pengaruh dalam konsumen menentukan pilihan saat melakukan pembelian.
References
Dan, I., Adam, K. (2015). Metode Partial Least Square (Pls) Dan Terapannya (Studi Kasus: Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Layanan PDAM Unit Camming Kab. Bone). Jurnal Teknosains, 9(1), 53–68.
Deswitha Saraswati, M., & Wayan Wenagama, I. (2019). Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Perilaku Konsumen Dari Pasar Tradisional Ke Pasar Modern. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 8(10).
Galih Aprilian Susanti, Nurul Qomariah, & Anwar. (2017). Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Pribadi Dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Cangkir Klasik Jember. Jurnal Penelitian Ipteks, 2(2), 154–167.
Hudani, A. (2020). Pengaruh faktor budaya, faktor social, dan faktor pribadi terhadap keputusan pembelian. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), 99–107. https://doi.org/10.37631/e-bisma.v1i2.195
Latan, H., & Ghozali, I. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 (2nd ed.): Vol. viii. Semarang Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Maharani, O. N. (2015). Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Konsumen Terhadap Produk Iphone Di Bandung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Peforma), 12(1), 59–75.
Mardiana, N., & Faqih, A. (2019). Model Sem-Pls Terbaik Untuk Evaluasi Pembelajaran Matematika Diskrit Dengan Lms. Barekeng: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 13(3), 157–170. https://doi.org/10.30598/barekengvol13iss3pp157-170ar898
Mardiyanah, & Rahajeng Cahyaning Putri Cipto. (2022). Analisa Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Syar’i Di Toko Khadijah Balikpapan. Jurnal Akuntansi Manajemen Madani, 8(1), 25–39.
Munandar. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Membeli Kopi Espresso. Jurnal Visioner & Strategis, 6(1), 1–9.
Putri Sari, S. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo, 8(1), 147–155.
Sayyida, & Alwiyah. (2018). Perkembangan Structural Equation Modeling (Sem) Dan Aplikasinya Dalam Bidang Ekonomi. Jurnal “Performance” Bisnis & Akuntansi, 8(1), 10–26.
Sunarharum, W. B., Ali, D. Y., Mahatmanto, T., Nugroho, P. I., Asih, N. E., Mahardika, A. P., & Geofani, I. (2021). The Indonesian coffee consumers perception on coffee quality and the effect on consumption behavior. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 733(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/733/1/012093
Utami, indah wahyu. (2017). Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian. In Jurnal Moneter: Vol. V (Issue June). Pustaka Bengawan.
Wahyuni, D., Syamsul Bachri, H., & Si, M. (2020). Pengaruh Faktor Pribadi Terhadap Keputusan Konsumen Berkunjung Ke Nextdoor Cafe Di Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 6(3), 261–271.
Yusuf, M. (2022). Pengaruh Promosi, Gaya Hidup, dan Persepsi Risiko terhadap Niat Beli Motor Listrik menggunakan Metode SEM - PLS. G-Tech: Jurnal Teknologi Terapan, 6(2), 241–248. https://doi.org/10.33379/gtech.v6i2.1685
Copyright (c) 2024 Lizha Nur Shafa, Ajat Sudrajat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.