STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN ANALISIS SWOT PADA RETAIL TRADISIONAL DI TOKO PANGESTU

  • Surahman Politeknik Negeri Samarinda
  • Okseriama Patresia Tulak Politeknik Negeri Samarinda
  • Siti Nur Aisyah Politeknik Negeri Samarinda
  • Syelah Biring Tasik S Politeknik Negeri Samarinda
  • Bebi Nabila Politeknik Negeri Samarinda
  • Haniifah Husnul Khotimah Politeknik Negeri Samarinda
Keywords: Strategy, SWOT, Retail, Marketing

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis SWOT pada Retail Tradisional di Toko Pangestu” . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi Toko Pangestu dalam pemasaran berdasarkan analisis internal dan eksternal serta mengetahui strategi mana yang cocok digunakan oleh Toko Pangestu.  Industri ritel mengalami pertumbuhan yang relatif pesat dengan waralaba dan konsep mandiri tersebar dihampir setiap kota. Perubahan selera konsumen menjadi salah satu alasan perkembangan. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika persaingan di industri ini menjadi semakin ketat. Perusahaan perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan internalnya, serta peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal agar dapat memasarkan produknya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Survei dilakukan di Toko Pangestu di Jalan Samratulangi, Sungai Keledang Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda.

References

Agusrinal, D. D. (2014). Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan. Jurnal Sains, Teknoligi Dan Industri, Vol. 11, N(2), 2.

Budiman, T. (2017). ANALISIS SWOT PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Pada Percetakan Paradise Sekampung). Skripsi.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, 19.

F., R., Santoso, B., & Dewi, E. (2020). Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Swot Pada Mini Market Di Mutiara Mart Rowotengah Jember. International Journal of Social Science and Business, 4(2), 301. https://doi.org/10.23887/ijssb.v4i2.25891

Hidayah, N. (2018). Analisis Strategi Pemasaran Produk Konveksi Dan Aksesoris Pada Toko Ud. Gina Ria Kecamatan Terara Lombok Timur. Distribusi - Journal of Management and Business, 4(1), 47–61. https://doi.org/10.29303/jdm.v4i2.13

Nuraeni, R., Mulyati, S., Putri, T. E., Rangkuti, Z. R., Pratomo, D., Ak, M., Ab, S., Soly, N., Wijaya, N., Operasi, S., Ukuran, D. A. N., Terhadap, P., Sihaloho, S., Pratomo, D., Nurhandono, F., Amrie, F., Fauzia, E., Sukarmanto, E., Partha, I. G. A., … Abyan, M. A. (2017). ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADA PT.TRIMEGA SYARIAH KANTOR CABANG MAKASSAR. Diponegoro Journal of Accounting, 2(1), 2–6. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.ph

Primadona, Y., & Rafiqi, Y. (2019). Analisis Swot Pada Strategi Persaingan Usaha Minimarket Madina Purbaratu Kota Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 49–60. https://doi.org/10.37058/jes.v4i1.802

Ramadhan, A., & Sofiyah, F. R. (2013). Analisis SWOT sebagai Landasan dalam Menentukan strategi Pemasaran. Jurnal Media Informasi Dan Manajemen, 1(2), 1–10.

Setiana, A. R. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar (Market Share) Dengan Menggunakan Pendekatan Analisis Swot. 2(1).

Syauqi, M., Putra, P., Sukarsih, S., & Selfira, S. (2023). Strategi Pemasaran dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Cahaya Alam Sejati. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 3, 297–306. https://doi.org/10.47709/jebma.v3i2.2639

Taufiqurrahman, A., Farida, E., & Rahman, F. (2022). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada CC-Mart Sotabar-Pasean). 12(01), 828–836.

Wiswasta, I. G. N. A., Agung, I. A. A., & Tamba, I. M. (2018). Analisis SWOT (Kajian Perencanaan Model, Strategi, dan Pengembangan Usaha).

Published
2024-01-31