PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, STRES KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN

  • Adella Seperianti Br Surbakti Universitas Potensi Utama
  • Yuli Arnida Pohan Universitas Potensi Utama
Keywords: Lingkungan Kerja, Stres Kerja, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan

Abstract

Sumber daya manusia ialah komponen yang paling berpengaruh di dalam menjalankan satu perusahaan. Kesuksesan satu perusahaan tergantung kepada kepuasan kerja karyawannya, yang dipengaruhi oleh banyak aspek, salah satunya yaitu lingkungan kerja, stres kerja, dan budaya organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada pengaruh secara parsial ataupun simultan antara lingkungan kerja, stres kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan. Survei dilakukan terhadap 40 responden di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik: uji normalitas, uji heteroskedastisitas, dan uji multikolinearitas. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, pengujian parsial, dan pengujian simultan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa lingkungan kerja, stres kerja dan budaya organisasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya berdasarkan pengujian variabel lingkungan kerja dan budaya organisasi diperoleh hasil yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya variabel stres kerja menunjukkan tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. 

 

References

Agus. (2019). Pengaruh Rekrutmen Dan Pengembangan Karyawan Terhadap Kualitas SDM Pada PT BRI Syariah Kantor Cabang S Parman Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Amalia, T. (2019). Pengaruh Kompensasi, Jam Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Matahari Department Store Tegal. Politeknik Harapan Bersama.

Brenda U.C. warongan, Lucky O.H.Dotulong, G. G. L. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Jordan Bakery Tomohon. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Samratulangi, 10(1), 963–972.

Dewi, A. F., Sari, P., & Pohan, Y. A. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Pegawai di Dompet Dhuafa Waspada. 5(1).

Hermawan, D. C., Dhamayanthi, W., Puspitorini, R., & Ambarkahi, Y. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Tenaga Kerja PTPN X ( PERSERO ) Kebun Kertosari Jember. Manajemen Agribisnis Dan Agroindustri, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.25047/jmaa.v1i1.3

Dewi, A. F. (n.d.). Pengaruh kompensasi, pengembangan karier, lingkungan kerja, dan budaya organisasi terhadap disiplin kerja karyawan pada pt. gresik cipta sejahtera cabang medan. 131–141.

Kuraising, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk Unit Makassar.

Laia, S., & Dewi, A. F. (2023). Pengaruh Motivasi , Kepemimpinan Dan Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja Pada PT . Pelindo Regional I Cabang Belawan. 1, 119–130.

Pudjiati, F. K. dan. (n.d.). Pengaruh Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan PT PLN (PERSERO) UP3 Balikpapan. Universitas Balikpapan, 11(2015), 111–121.

Rini, E. S., Maria, S., & Syaharuddin. (2018). Pengaruh lingkungan kerja, budaya organisasi dan stres kerja terhadap kinerja pegawai di puskesmas merancang kabupaten berau. Forum Ekonomi, 20(2), 81–86.

Ronny Hardiansyah Wicaksana, Marjam Desma Rahadhini, A. S. (n.d.). Kinerja Yang Dipengaruhi Lingkungan Kerja, Motivasi Dan Kompensasi Pada Karyawan Perusahaan Manufaktur. Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi, Surakarta, Indonesia, 144–155.

Safa’ah, E. M. (2019). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia ( SDM ) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus di BMT Arsyada Kantor Cabang Gaya Baru VIII). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.

Saragih, N. M., Pohan, Y. A., Lubis, R. A., & Liswanty, I. (2022). Pengaruh Beban Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Pada Pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Sumatera Utara. 4(2), 173–185.

Syahputra, A. (2018). Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Area Medan.

Wati, E. dan I. Y. A. dan A. P. M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja , Stres Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan UPTD Puskesmas Campurejo. Ekonomi Dan Manajemen, 2(3), 204–221.

Published
2024-01-31