PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PENGGUNA MOTOR HONDA VARIO DI UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

  • Rafi Jefri Diansyah Universitas Trunojoyo Madura
  • Yustina chrismardani
Keywords: kualitas produk, persepsi harga, loyalitas pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan bermunculannya produk motor honda vario yang menimbulkan suatu persaingan untuk menarik dan mempertahankan pelanggannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Kualitas Produk dan Brand Image berpengruh terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Sepeda Motor Honda Vario. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengguna motor honda vario di lingkungan Universitas Trunojoyo madura. Sampel yang diperlukan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang dikumpulkan atau diperoleh langsung dari objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner dengan pertanyaan tertutup. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Dengan demikian hasil penelitian ini yakni secara simultan dan parsial Kualitas Produk dan Persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan.

 

References

Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 14–25.

Dewi, M. P. (2020). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Konsumen Pada RM. Wongsolo Malang. Iqtishoduna, 16(2), 167–190. https://doi.org/10.18860/iq.v16i2.9242

Ledy Diana, Rois Arifin, A. B. P. (2019). Loyalitas Pelanggan Dalam Membeli Produk di Malang (studi kasus pada masyarakat bumiayu kota malang). E-Jurnal Manajemen, July, 53.

Nyonyie, R. A., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Kosmetik Wardah di Transmart Bahu Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 18. https://doi.org/10.35797/jab.9.3.2019.25123.18-24

Oktadiani, O. D., & Laily, N. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Pada Fast Fashion Uniqlo di Tunjungan Plaza Mall. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(1), 1–21.

Ramanta, T. H., Massie, J. D. D., & Soepeno, D. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Produk Mebel di CV. Karunia Meubel Tuminting. Jurnal EMBA, 9(1), 1018–1027. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/32670

Ramdani, C. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Lotte Indonesia. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 5(4), 969–977. https://doi.org/10.37481/sjr.v5i4.572

Ronaa, A., & Ning Farida, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan: Studi pada Konsumen Sepatu Converse di Pakuwon Trade Center. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(1), 183–198. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i1.1368

Sapitri, E., Hayani, I., Kunci, K., Merek, C., Produk, K., Pelanggan, K., & Pelanggan, L. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby di DKI Jakarta). J. Mandiri, 4(2), 231–240. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i2.144

Susilawati, E., Prastiwi, E. H., & Kartika, Y. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon, Dan Customer Experience Terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Fashion Shopee. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 5, 1–16.

Wijaya, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Persepsi Harga, Dan Asosiasi Merek Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis Terapan, 2(01), 1–16. https://doi.org/10.24123/jbt.v2i01.1082

Wijayadi. (2022). Online ISSN 2722-0745. 3, 505–519.

Wijayani, T., & Prambudi, B. (2020). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi Empiris Pada Konsumen Wardah di Gerai Pusat Grosir Cililitan). Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 195–207. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.127

Published
2024-01-26