PENGARUH POPULARITAS NCT DREAM, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEHAT LEMONILO

  • Maulidina Pratiwi Gusman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Feby Kinanda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
Keywords: K-pop Idol Group NCT Dream's Popularity, Price Perception, Promotion, Purchase Decision

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh dari popularitas idol kpop NCT Dream, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Mie Sehat Lemonilo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, data pada penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dengan menggunakan metode pengeolahan data SPSS Versi 20. Pada penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 orang, dan Teknik pengambilan sampelnya menggunakan metode purposive sampling. Pada ketiga variabel di dalam penelitian ini mempunyai hasil nilai R-Square sebesar 0.669 atau 66,9% dalam mempengaruhi keputusan pembelian pada produk Mie Sehat Lemonilo. Lalu, hasil uji t dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel popularitas idol k-pop NCT Dream memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,447 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000. Pada variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,402 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung 0,445 dan memiliki nilai signifikan sebesar 0,000.

References

A Ferdinand. (2019). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Anindita, M 2022. (t.t.). Lemonilo Umumkan NCT DREAM Sebagai Brand Ambassador Terbaru. Lemonilo.com. Diambil 4 April 2023, dari https://www.lemonilo.com/amp/blog/lemonilo-umumkan-nct- DREAMsebagai-brand-ambassador-terbaru

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Buchari Alma H. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta.

Desyani, Eka, Wahyuningsih dan Ponirin. 2016. (t.t.). Pengaruh Persepsi Harga Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Motor Merek Yamaha Nmax Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako, 2(2016).

Dewi, P. S. A., & Suprapti, N. W. S 2018. (t.t.). Membangun Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan yang Dipengaruhi oleh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek (Studi Pada Produk Smartphone Merek Oppo). Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 2018, 87.

Dyana Putri, dan Komang Rahayu 2019. (t.t.). Gambaran celebrity worship pada penggemar K-Pop usia dewasa awal di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(2019), 291–300. https://doi.org/10.24843/JPU.2019.v06.i02.p08

Edi Sucipto Tanady dan Muhammad Fuad. (2020). ANALISISPENGARUHCITRA MEREKDAN KUALITAS LAYANANTERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN TOKOPEDIA DI JAKARTA. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie, 9(2020). https://doi.org/10.46806/jm.v9i2.663

Mar’a Kamila Ardani Srajwati. (2020, September 30). Perpustakaan Fakultas Geografi UGM. https://egsa.geo.ugm.ac.id/2020/09/30/fenomena-korean-wave-di-indonesia/

Philip Kotler dan Amstrong 2018. (t.t.). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh (7 ed.). Salemba Empat.

Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi. Deepublish.

Siskhawati, L., & Atman Maulana, H 2021. (t.t.). The Influence of Brand Ambassador And Korean Wave on Purchase Decision For Neo Coffe Products. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(2021), 1–7.

Warnadi dan Aris Triyono. (2019). Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Yusuf. (2021). The Influence of Product Innovation and Brand Image on Customer Purchase Decision on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. 2.

Yuwan Rizki Ariefiyanto (2022). (t.t.). Interaksi Online Dalam Mendukung Popularitas: Studi Literasi Ujaran Kebencian Analisis Akun Selebgram Denise. Bandung, 1(2023).

Published
2023-07-31