ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN DISKON PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN E-COMMERCE SHOPEE ( STUDY KASUS MAHASISWA/I STIE JAYAKARTA )

  • Hanny Sukmawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Annisa Vini Cahyati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Andhika Napitupulu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
Keywords: Kualitas Pelayanan, Diskon Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan dan diskon produk terhadap kepuasan konsumen pada pengguna shopee di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Program Studi Strata Satu Manajemen dimana Kualitas Pelayanan dan Diskon Produk Sebagai variabel independen sedangkan Kepuasan Konsumen sebagai variabel dependen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang di analisis menggunakan uji analisis regresi linear berganda dengan program pengolahan data SPSS 26.0. Populasi penelitian ini sebanyak 150  mahasiswa Program Studi S1 Manajemen STIE Jayakarta yang adalah pengguna Shopee. Metode pengumpulan data dilakukan secara kuantitatif melalui data sampling menggunakan metode kuesioner. Hasil uji T (parsial) kualitas pelayanan dan diskon produk menunjukan bawah nilai T tabel > T terhitung yaitu 13,237 > 1,972 & 3,583 > 1,972. Sedangakan hasil pada uji F (simultan) dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 855,925 > 3,06. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dari kualitas pelayanan dan diskon produk terhadap kepuasan konsumen Mahasiswa/i STIE Jayakarta pengguna Shopee.

References

Baskara. (2015). Pengaruh potongan harga (discount) terhadap pembelian tidak terencana (impulse buying) (studi pada pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Manajemen Bisnis. , 5(2).

Belch, George E, Belch, & Michal, A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communication Perspective, 8 th Edition. (8th ed.). Pearson Education.

C. Mowen, John, & Michael Minor. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.

Kadir. (2001). Pemrograman Database Menggunakan Delphi Jilid 1. Salemba Infotek.

Kotler. (2003). . Manajemen Pemasaran (11th ed.). Indeks Kelompok Gramedia.

Kusnawan, & Agus. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Implusif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen., 5(2).

Loina. (2001). Hubungan Masyarakat Membina Hubungan Baik Dengan Publik. CV Lakolo.

Saladin. (2003). Intisari Pemasaran. Penerbit Linda Karya

Sigit Winarno, & Sujana Ismaya. (2007). Kamus Besar Ekonomi. Pustaka Grafika.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.

Themba, O. S. (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim Dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3).

Published
2023-01-31

Most read articles by the same author(s)