ANALISIS PENGARUH KEMUDAHAN PAYLATER PADA APLIKASI SHOPEE DAN PROMO DISKON PRODUK TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF (Studi pada Pengguna Shopee di DKI Jakarta)

  • Widya Rama Dhanty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Annisa Vini Cahyati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Esther Tiara Alexandra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
Keywords: Paylater Ease, Product Discount Promo, Impulsive Buying Behavior, E-Commerce

Abstract

This study aims to determine and analyze the effect of ease of payment on the Shopee platform and product discount promos on the impulsive buying behavior of Shopee users in DKI Jakarta. Ease of payment and product discount promos as independent variables while impulse buying as the dependent variable. This research uses a descriptive quantitative approach which is analyzed using multiple linear analysis test with SPSS 26.0 data processing program. The population in this study were 150 residents of DKI Jakarta who used Shopee. Sampling data collection method using a questionnaire method. The results of the T-test (partial) of ease of payment and product discounts show that the value of T table > T arithmetic is -4.875 > 1.976 & 5.215 > 1.976. Meanwhile, the results of the F test (simultaneous) with the calculated F value > F table are 19.766 > 3.06. Which means that there is an influence of ease of payment and product discount promos on the impulsive buying behavior of DKI Jakarta residents using Shopee.

References

Ansori, Miswan. (2019). Perkembangan dan Dampak Financial Technology (Fintech) terhadap Industri Keuangan Syariah di Jawa Tengah. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman. Vol. 5 No. 1. DOI : 10.5281/wahanaislamika.v5i1.41

Arifanti, Ria & Gunawan, Wahju. (2020). Perilaku Impulse Buying dan Interaksi Sosial Dalam Pembelian Di Masa Pandemi : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Vol. 5, No.1. DOI : 10.24198/jsg.v5i1.30759

Damasta S., M. I., & Widayanto. (2018). Pengaruh Kemudahan Transaksi DanShopping Convenience Terhadap Customer Satisfaction Melalui Keputusan Pembelian Dalam Transaksi Belanja Online (Studi pada Mahasiswa FISIP Undip Pengakses Situs Lazada.co.id). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Vol 7 No. 4

Habibi, Rizky Muhammad. 2020. Pengaruh Price Discount Terhadap Keputusan Impulse Buying (Studi Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kalangan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara). Skripsi.

Hatane Semuel. (2006). Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluakan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal manajemen dan kewirausahaan.Vol.8.No.2. DOI : 10.9744/jmk.8.2.pp. 101-115

Iprice. (2021, February). Daftar 50 Website E-Commerce di Indonesia 2019. Retrieved from https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Kominfo. (2014, May 08). Pengguna Internet di Indonesia Capai 82 Juta. Retrieved from https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker.

Kontributor Wikipedia. (2022, June 6) 'Promosi (pemasaran)', Wikipedia, Ensiklopedia Bebas. Retrieved from https://id.wikipedia.org

Nugroho, Andy. (2020, June 25). Perbedaan E-Commerce dan Marketpalce, Lengkap! Retrivied from https://qwords.com/blog/perbedaan-e-commerce-dan-marketplace/

Novia, & Harmon. (2016). Faktor Penentu Perilaku Impulsifive Pembelian Pada Fashion Business Di Kota Bandung. Jurnal Bisnis dan Investasi Volume 2 No. 3, 121-133. DOI : 10.35697/jrbi.v2i3.97

Prastiwi, Iin Emy & Fitria, Nur Tira. (2021). Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol. 7 No. 01. Hal. 425-432. DOI : 10.29040/jiei.v7i1.1458

Prasvanti, Yuwita Ariessa & Saputri, Nanda Listiana Dita. 2021. Keputusan Berbelanja Online Di Masa Pandemi. Jurnal Budimas. Vol. 3 No. 1. DOI : 10.29040/budimas.v3i1.2313

Sari, Rahmatika. (2020). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis dan Investasi. Vol. 7. No. 1. DOI : 10.35313/jrbi.v7i1.2058

Sekaran, Umma & Bougie, Roger. (2010). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. Fifth edition. West Sussex: John Wiley & Sons, Ltd.

Sudaryono, Yoyo dkk. (2020). Digital Marketing Dan Fintech Di Indonesia. Yogyakarta : ANDI

Themba, Orfyanny S. (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim dan Kualitas Produk. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi). Vol. 5 No. 3. DOI : 10.31955/mea.v5i3.1412

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. PT. Indeks, Jakarta.

Yogirakasiwi. (2021, February 25). Internet Menjadi Kebutuhan Esensial Masyarakat. Retrieved from https://www.viva.co.id/vstory/teknologi-vstory/1351246-internet-menjadi-kebutuhan-esensial-masyarakat.

Yuliawan, Eko dkk. (2018). Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kemudahan, dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Zalora Indonesia (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Mikroskil Medan). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. Vol. 12 No. 2. DOI : 10.33558/optimal.v12i1.1016

Published
2022-07-31