AKAD MUDHARABAH DAN STRATEGI MANAJEMEN UMKM DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Warung Bakso Pak Roso Salemba Jakarta)
Abstract
Kesuksesan dunia usaha tergantung pengelolaan manajemen yang baik, mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasi, monitoring, evaluasi dan hasil yang hendak dicapai. Penelitian ini mengangkat masalah tentang Akad Mudarabah dan Manajemen Strategi UMKM dengan mengunakan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian, manajemen strategi yang dijalankan oleh warung bakso Pak Roso dinilai sangat efektif dalam menghadapi situasi pandemi walaupun tidak seperti hari biasa namun bakso pak Roso masih meraup keuntungan setiap bulan.Salah satu faktor yang medukungnya adalah ketepatan dalam memilih sumber pembiayaan usaha ketika sumber dana dari internal pengusaha tidak mencukupi. Strategi yang digunakan untuk meningkat keuntungan ditengah situasi covid-19 dengan memperbanyak promosi dan pemasaran melalui media sosial dqan aplikasi pesanan online yang dilakukan oleh konsumen.Strategi ini dapat menarik konsumen penikmat bakso untuk membeli bakso Pak Roso. Dengan demikian para pelaku usaha harus pandai mengelola usaha dan keuangannya ditengah ketidakpastian usaha sebagai akibat dari menurunya daya beli masyarakat.Dan pembiayaan syariah ini bisa menjadi salah satu solusinya.
References
At-Tariqi, Abdullah Abdul Husain, 2004, Ekonomi Islam Prinsip, Dasar, dan Tujuan. Yogyakarta:Magistra Insania Press
Ascarya. 2019. Akad dan Produk Bank Syariah, Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Beik, IS & Arsyianti LD. 2016. Ekonomi Pembangunan Syariah. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Djalaluddin, Ahmad. 2016, Manajemen Qur’ani; Menerjemah Ibadah Ilahiyah dalam Kehidupan. Malang: Malang Press
Grant, Robert M. 2008. Analisis Strategi Kontempporer. Penerbit Erlangga: Jakarta
Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung, 2014, Manajemen Syariah, Jakarta: Gema Insani
Haris Nurdiansyah, 2019, Pengantar Manajemen, Bandung: Diandra Kreatif
Ika Yunia Fauziah, 2014, Prinsip Dasar Ekonomi Islam, Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri
Jaih Mubarok, 2013, Akad Mudharabah, Bandung, Fokusmedia : Jakarta.
Manurung, A. Haymans. 2008. Modal Untuk Bisnis UKM. Jakarta: Kompas
Michael, R. Duane, dkk, 2018, Manajemen Strategi, Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat
Nusa Putra, 2013, Metode penelitian Kalitatatif Manajemen, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Nur S. Buchori, dkk, 2019, Manajemen Koperasi Syariah, Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Saprudin. Sianipar, A. Zulkarnain & Wujarso, Riyanto. 2021. Effect of Business Development and Taxation Knowledge on Taxpayer Compliance (MSME Case Study in Jakarta). Journal of Infoemation System, Applied, Management, Accounting and Research. Vol.5 No.1 Februari 2021
Shirazi, N.S, 1994. An Analysis of Pakistan’s Poverty Problemand Its Alleviation Through Infaq. (Dissertation Unpublished). Islamabad: International Islamic University
Siswanto, 2005, Pengantar Manajemen, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Wujarso, Riyanto. Saprudin & Napitupulu, R. Dameria. 2020. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM DI Jakarta. Jurnal STEI Ekonomi. Vol.29 No.02 Desember 2020
Zuriani Ritongan, 2020, Buku AjarManajemen Strategi, Yokyakarta: CV. Budi Utama
www/http:Kementerian UMKM RI Tahun 2017