PENGARUH PENGETAHUAN PENGGUNAAN FINTECH (OVO DAN GOPAY) TERHADAP LITERASI KEUANGAN
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Penggunaan Fintech (Ovo Dan Gopay) Terhadap Literasi Keuangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis deskriptif, Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling Probability Sampling. Probability Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian dapat diketahui dengan melihat koefesien korelasi adalah 0,794. artinya nilai ini dapat menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara Pengetahuan Penggunaan Fintech : Ovo / GoPay dengan Literasi Keuangan (Y), nilai koefesien korelasi semakin mendekati ke 1 maka semakin sempurna hubungan antara kedua variabel tersebut (arah hubungan ke positif). Dilihat pada tabel model summary dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai R sebesar 0,794 atau koefesien korelasi nilai R tersebut dapat dikuadratkan yaitu 0,794 x 0,794 = 0,630. R square (koefesien determinasi) dalam hal ini variasi dari variabel terikat (Literasi Keuangan (Y)) dapat dijelaskan oleh variabel bebas (Pengetahuan Penggunaan Fintech : Ovo / GoPay (X)) yaitu sebesar 63,0%. sedangkan sisanya 37,0% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pengetahuan penggunaan Fintech Ovo/Gopay berpengaruh sangat kuat dan positif terhadap Literasi Keuangan. Dan bisa dikatakan orang yang menggunakan fintech yaitu ovo/gopay akan memiliki pemahaman tentang literasi keuangan.
References
Hisyam Lathif Ubaidillah, . Nadia Asandimitra. (2019). PENGARUH DEMOGRAFI, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU MENABUNG MASYARAKAT DI KABUPATEN SIDOARJO. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(1), 242–249.
Junior, M. S. (2017). Fungsionalitas Konflik Gojek: Studi Fenomenologi Terhadap Konflik Pengemudi Gojek di Kota Kediri. Jurnal Analisa Sosiologi, 6(1), 16–32.
MERTHA DEWI, I., & Purbawangsa, I. B. A. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan, Pendapatan Serta Masa Bekerja Terhadap Perilaku Keputusan Investasi. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 7, 1867. https://doi.org/10.24843/eeb.2018.v07.i07.p04
Muhamad Rizal, Erna Maulina, N. K. (2018). FINTECH AS ONE OF THE FINANCING SOLUTIONS FOR SMEs. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 74(4), 55–61.
Safitri, R., & Andriansyah, M. (2020). Analisis Penerimaan Teknologi Keuangan (FINTECH) Terhadap Penggunaan Aplikasi Fintech OVO. Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 538–549.
Sangadji. Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pnerbit Andi.
Sianipar, A. Z. (2020). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG. 4(1), 14–20. Retrieved from http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/download/167/136
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Wahyu Rumbianingrum, C. W. (2015). PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS (ALMANA), 1(3), 155–165.
Wiyono, G., & Kirana, K. C. (2020). Efek Impresi Fintech Terhadap Perilaku Keuangan Usaha Kecil Menegah (UKM). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 69–81. https://doi.org/10.30596/jimb.v21i1.3889