PENGARUH PENGETAHUAN PENGGUNAAN FINTECH (OVO DAN GOPAY) TERHADAP LITERASI KEUANGAN

  • Oktavia Marpaung STIE Jayakarta
Keywords: Fintech, Literasi Keuangan, Kuantitatif

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Pengetahuan Penggunaan Fintech (Ovo Dan Gopay) Terhadap Literasi Keuangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif jenis deskriptif, Dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling Probability Sampling. Probability Sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi sampel. Hasil penelitian dapat diketahui dengan melihat koefesien korelasi adalah 0,794. artinya nilai ini dapat menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara Pengetahuan Penggunaan Fintech : Ovo / GoPay dengan Literasi Keuangan (Y), nilai koefesien korelasi semakin mendekati ke 1 maka semakin sempurna hubungan antara kedua variabel tersebut (arah hubungan ke positif). Dilihat pada tabel model summary dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai R sebesar 0,794 atau koefesien korelasi nilai R tersebut dapat dikuadratkan yaitu 0,794 x 0,794 = 0,630. R square (koefesien determinasi) dalam hal ini variasi dari variabel terikat (Literasi Keuangan (Y)) dapat dijelaskan oleh variabel bebas (Pengetahuan Penggunaan Fintech : Ovo / GoPay (X)) yaitu sebesar 63,0%. sedangkan sisanya 37,0% dipengaruhi oleh faktor yang lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pengetahuan penggunaan Fintech Ovo/Gopay berpengaruh sangat kuat dan positif terhadap Literasi Keuangan. Dan bisa dikatakan orang yang menggunakan fintech yaitu ovo/gopay akan memiliki pemahaman tentang literasi keuangan.

Published
2021-01-31