PENGARUH KUALITAS INFRASTRUKTUR JALAN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN RODA DUA DI KOTA JAKARTA

  • Mawar Damayanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Eduward Tony Sitorus Jayakarta
  • Rina Dameria Napitupulu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
  • Maralus Samosir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta
Keywords: Road infrastructure, tax service, taxpayer compliance, motor vehicle tax

Abstract

Pajak merupakan instrumen penting dalam mendukung keuangan negara dan daerah, khususnya untuk membiayai pembangunan nasional dan pelayanan publik. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kota Jakarta menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan. Meskipun jumlah kendaraan roda dua terus meningkat, tingkat kepatuhan wajib pajak masih rendah, rata-rata hanya 47,26%. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas infrastruktur jalan dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan roda dua di Kota Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei kuesioner kepada 100 responden yang dipilih dengan purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas infrastruktur jalan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan, sedangkan kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan. Uji simultan (F) mengindikasikan bahwa kedua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan, dengan kontribusi 26,8% terhadap variasi kepatuhan. Temuan ini mengimplikasikan bahwa meskipun perbaikan infrastruktur penting, peningkatan kualitas pelayanan pajak, transparansi, dan edukasi publik lebih efektif dalam mendorong kepatuhan wajib pajak. Strategi yang mengintegrasikan pelayanan prima dan komunikasi publik mengenai manfaat pajak berpotensi menciptakan budaya patuh pajak yang berkelanjutan di masyarakat.

References

Arif Sulistyo Wibowo, Siti Nurlaela, Y. C. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. 6(April), 1304–1317.

Damayanti, E. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Razia Lapangan, Layanan E-Samsat, Sistem Samsat Drive Thru, Dan Layanan Samsat Keliling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Sleman). Skripsi.

Laila Fatikhatul Ula, Dian Kusuma Wardani, B. W. (2021). Sistem Pelayanan Pajak. LPPM Universitas KH W Wahab Hasbullah.

Mahasyahputra, B. A., Wulandari, P., Maharani, E. D., Rahman, A. H., & Sahara, S. (2023). Analisis Perbandingan Sistem Logistik Jakarta dengan Papua. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 208–216.

Manrejo, S. (2023). Kepatuhan Pajak Sebuah Kajian Berbasis Pengetahuan. In Cv. Aa. Rizky (Issue August).

Ridhawati, R., Lesmanawati, D., & Lufty, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Uppd Banjarmasin 1. Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.53651/jdeb.v15i1.363

Syawali, A., & Machdar, N. M. (2024). Kontribusi Kesadaran, Self Assessment, Dan Sanksi Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 2(3), 865–875. https://doi.org/10.70248/jakpt.v2i3.1653

Published
2025-08-14

Most read articles by the same author(s)