PENGARUH KUALITAS INFRASTRUKTUR JALAN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KEPATUHAN MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN RODA DUA DI KOTA JAKARTA
Abstract
Pajak merupakan instrumen penting dalam mendukung keuangan negara dan daerah, khususnya untuk membiayai pembangunan nasional dan pelayanan publik. Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Kota Jakarta menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan. Meskipun jumlah kendaraan roda dua terus meningkat, tingkat kepatuhan wajib pajak masih rendah, rata-rata hanya 47,26%. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas infrastruktur jalan dan kualitas pelayanan pajak terhadap kepatuhan membayar pajak kendaraan roda dua di Kota Jakarta. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei kuesioner kepada 100 responden yang dipilih dengan purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas infrastruktur jalan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan, sedangkan kualitas pelayanan pajak berpengaruh positif dan signifikan. Uji simultan (F) mengindikasikan bahwa kedua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan, dengan kontribusi 26,8% terhadap variasi kepatuhan. Temuan ini mengimplikasikan bahwa meskipun perbaikan infrastruktur penting, peningkatan kualitas pelayanan pajak, transparansi, dan edukasi publik lebih efektif dalam mendorong kepatuhan wajib pajak. Strategi yang mengintegrasikan pelayanan prima dan komunikasi publik mengenai manfaat pajak berpotensi menciptakan budaya patuh pajak yang berkelanjutan di masyarakat.
References
Arif Sulistyo Wibowo, Siti Nurlaela, Y. C. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. 6(April), 1304–1317.
Damayanti, E. (2022). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Razia Lapangan, Layanan E-Samsat, Sistem Samsat Drive Thru, Dan Layanan Samsat Keliling Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Sleman). Skripsi.
Laila Fatikhatul Ula, Dian Kusuma Wardani, B. W. (2021). Sistem Pelayanan Pajak. LPPM Universitas KH W Wahab Hasbullah.
Mahasyahputra, B. A., Wulandari, P., Maharani, E. D., Rahman, A. H., & Sahara, S. (2023). Analisis Perbandingan Sistem Logistik Jakarta dengan Papua. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(14), 208–216.
Manrejo, S. (2023). Kepatuhan Pajak Sebuah Kajian Berbasis Pengetahuan. In Cv. Aa. Rizky (Issue August).
Ridhawati, R., Lesmanawati, D., & Lufty, A. P. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Uppd Banjarmasin 1. Dinamika Ekonomi - Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(1), 37–48. https://doi.org/10.53651/jdeb.v15i1.363
Syawali, A., & Machdar, N. M. (2024). Kontribusi Kesadaran, Self Assessment, Dan Sanksi Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Perpajakan Dan Tata Kelola Perusahaan, 2(3), 865–875. https://doi.org/10.70248/jakpt.v2i3.1653
Copyright (c) 2025 Eduward Tony Sitorus; RIina dameria Napitupulu

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.